Aksi Gelar Karya Fase E dan F Batik Ecoprint

By Admin 12 Mar 2024, 06:51:12 WIB KEGIATAN SEKOLAH
Aksi Gelar Karya Fase E dan F Batik Ecoprint

Gambar : MENARIK – Penampilan salah satu tim perwakilan kelas di SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri dalam gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada, Selasa (05/03/2024). *Foto: Smasaprama Media.


SMANSAPRAMA MEDIA - SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan aksi gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Selasa (05/03/2024). Kegiatan yang diikuti seluruh siswa Fase E (kelas X) dan Fase F (kelas XI) tersebut membuat produk batik Ecoprint.

Kegiatan P5 pada kali ini bertemakan “Gaya Hidup Berkelanjutan berlangsung gayeng di lapangan Smansaprama. Seluruh siswa menampilkan karya terbaiknya mengenal batik ecoprint melalui peragaan busana dan hasil cetakannya.

Tujuan kegiatan ini diselenggarakan yaitu dapat untuk menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas siswa dalam memanfaatkan bahan alami untuk dijadikan motif batik. Seluruh siswa mencetak produk karyanya melalui media bantu dedaunan yang alami.

Kepala SMAN 1 Pracimantoro, Sri Paminto, SS, MPd menjelaskan, kegiatan gelar karya P5 ini menyasar pada tiga poin. Pertama memberikan penguatan karakter kepada para siswa, kedua mendorong kompetensi siswa, khusus dalam batik ecoprint.

“Kemudian yang ketiga mengajak agar seluruh siswa dan warga sekolah untuk belajar ramah lingkungan. Produk batik yang dihasilkan menggunakan desain dedaunan dan bahan alami,’’ terangnya.

Setiap kelompok menampilkan batik ecoprint yang panjangnya tiga meter, dan juga totebag hasil ecoprint. Lalu dilanjutkan dengan menampilkan tugas individu siswa baik itu dalam bentuk tampilan desain pakaian, totebag, souvenir, dan lain-lainnya.

Endang Kristanti, siswi dari kelas Fase F XI-2 menuturkan, kesannya setelah mendapat juara di perlombaan gelar karya itu. Hasil karyanya mampu melambangkan keberagaman karena berbagai macam bunga dan daun sehingga menghasilkan karya yang anggun dan menarik.

“Karya kami juga memiliki makna persatuan dalam keberagaman,’’ ujar Endang Kristanti selaku anggota dari kelompok 2 dari kelas Fase F XI-2

Salah satu juri dari aksi gelar karya fase E dan fase F ini, Dwi Risdiyanto, SS mengapresiasi hasil karya ecoprint yang dibuat oleh siswa. Ia berharap kegiatan ini mampu menginspirasi para siswa untuk terus berkreasi dan belajar mengembangkan minat dan bakatnya.

“Penilaian yang disepakati ada beberapa item pokok. Mulai dari keindahan visual sampai originalitas bahan, teknik menyelesaikan, sampai produk atau karya secara keseluruhan,jelas guru Mapel Seni Rupa ini. *Annisa R (Fase E X-7), Azizia (Fase E X-5)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment