GELAR KARYA P5

By Admin 03 Okt 2023, 07:37:39 WIB KEGIATAN SISWA
GELAR KARYA P5

Gambar : Sejumlah siswa tengah menunggu stand dan memberikan keterangan kepada pengunjung pada pameran Gelar Karya (GK) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMA Negeri 1 Pracimantoro yang digelar, Kamis (14/9/2023)


 

GELAR KARYA P5  BERTEMA REKAYASA TEKNOLOGI SELAMATKAN BUMI

SMANSAPRAMA- SMA Negeri 1 Pracimantoro (Smansa Prama) mengadakan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI, Kamis (14/9/2023) di halaman sekolah. Kegiatan ini dihadiri  Pengawas SMA Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Drs Setyawan M.Pd, komite, tamu undangan, dan orang tua atau wali murid kelas X dan XI.

Gelar karya kali ini dimaksudkan untuk memamerkan karya produk yang telah dibuat oleh siswa siswi kelas X dan XI pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pada Projek kali ini Fase E yaitu kelas X membuat pupuk fermentansi dan pot tanaman dengan sistem kapiler serta Fase F yaitu kelas XI memanfaatkan limbah atau barang bekas  untuk  dijadikan karya yang memiliki nilai jual dan nilai estetika.

Dian Rohmawati, S.Pd selaku ketua Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menyampaikan  tujuan dari gelar karya Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini diharapkan siswa dapat menerapkan Profil Pelajar Pancasila serta dengan mengangkat topik Berkayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI kita dapat memanfaatkan lingkungan sekitar, meningkatkan kreatifitas dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pracimantoro, Sri Paminto, S.S, M.Pd mengatakan gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah puncak dari kegiatan dalam melakukan improvisasi, kolaborasi, eksplorasi dari segala ide , gagasan, kreatifitas yang dibangun siswa dalam mengembangkan minat, bakat dan kemampuannya.

“Yang kami harapkan bukan hasilnya tetapi prosesnya, proses kreatif Anda sekalian. Ketika anda bisa menghasilkan segala ide dan gagasan dalam bimbingan Bapak Ibu guru, kami yakin Anda ke depannya akan mempunyai jiwa-jiwa yang kreatif, inovatif sehingga akan menjadi generasi hebat,” terang kepala sekolah.

Pengawas Cabang Dinas VI, Drs Setiawan, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan, Kurikulum Merdeka memberikan ruang kepada para siswa untuk menampilkan kreatifitas dengan harapan supaya karakter siswa yang bergotong royong, mandiri, kreatif serta bernalar kristis.

Koordinator  Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasil Mariya Rohmawati S.Pd, menyampaikan tujuan dari gelar karya P5 ini untuk meningkatkan kreatifitas anak-anak sesuai bakat dan minatnya serta agar para siswa lebih paham mengenai karakter Profil Pelajar Pancasila.

Sementara Vega Aulia siswi kelas X-1 mengaku acara gelar karya ini menyenangkan dan banyak wali murid yang datang dan membeli produk yang kami buat. “Acara kali ini sangat menyenangkan dan cukup ramai. Produk hasil kerjasama yang dibuat kelompok lain juga menarIk dan aesthetic jadi cukup memikat para wali murid, guru-guru untuk berkunjung dan membeli,” ujar Zhabila Putri siswi kelas X-1. *Tim Media Smansaprama




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment