Apel dan Halal Bihalal Siswa, Sarana Bangun Silaturahmi

By Admin 19 Apr 2024, 07:08:38 WIB KEGIATAN SEKOLAH
Apel dan Halal Bihalal Siswa, Sarana Bangun Silaturahmi

Gambar : BERSALAMAN- Kepala SMAN 1 Pracimantoro Kabupaten Wonogiri, Sri Paminto, SS, MPd beserta guru dan karyawan menyalami para siswa dalam kegiatan apel dan halal bihalal yang berlangsung di halaman sekolah, Selasa (16/04/2024). *Foto : divisi dokumentasi


SMANSAPRAMA MEDIA- SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri mengadakan Halal Bihalal pada hari pertama masuk sekolah, Selasa (16/04/2024) setelah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 H selama seminggu. Kegiatan dimulai dari pukul 07.15 – 08.10 WIB berlangsung di halaman sekolah yang diikuti seluruh siswa, guru, serta staf karyawan.

      Praktik baik dari halal bihalal bertujuan untuk membangun  tali silaturahmi serta membersihkan hati dengan saling memaafkan antar-warga sekolah. Kegiatan baik ini sekaligus sebagai motivasi siswa dalam belajar dan membentuk karakter yang lebih baik.

      Kegiatan halal bihalal siswa diawali dengan apel pagi dan pembacaan ikrar Halal Bihalal oleh Ketua OSIS, Nuri dan ditanggapi langsung kepala sekolah. Kegiatan dilanjutkan dengan inti halal bihalal yang dilakukan dengan saling berjabat tangan dan bermaaf-maafan.

      Kepala SMA N 1 Pracimantoro, Sri Paminto SS, MPd  berharap dengan adanya kegiatan ini kekompakan dan kerja sama keluarga besar Smansaprama dapat selalu terjaga dengan baik. Kegiatan ini sebagai upaya mempererat silaturahmi (tali kasih sayang) antara guru, karyawan, dan peserta didik.

      “Halal bihalal merupakan tradisi baik yang perlu dilestarikan. Sebagai manusia yang tidak sempurna kita harus saling memaafkan dan menghormati,” kata kepala sekolah dalam sambutannya.

Kepala sekolah mengajak seluruh siswa kembali semangat dalam belajar dan meniti masa depannya. Pelajaran kedisiplinan dan kepatuhan selama menjalankan ibadah Ramadhan hendaknya menjadi kebiasaan baik yang terus dipertahankan dalam kehidupan keseharian dalam berbagai dimensi ruang dan waktu.

      Zalfa Hamidatus Sa’diyyah, siswa Fase F XI-4 berpendapat, kegiatan ini bagus untuk dilakukan karena dapat mempererat hubungan baik siswa, guru, dan karyawan. Siswa juga bisa membangun komunikasi yang baik dengan teman setelah sepekan berlebaran.

      “Kita harus saling memaafkan satu sama lain antara siswa dengan guru ataupun sesama siswa, dan itu bisa bikin hubungan antar warga sekolah jadi makin erat,” ungkapnya. *Calista Larasati (Fase F XI-4), Anisa Nur Fayumi & Arvita Aprilyani (Fase E X-7)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment