Cegah Anemia, Siswi Minum Tablet Tambah Darah

By Admin 15 Des 2023, 16:58:24 WIB KEGIATAN SISWA
Cegah Anemia, Siswi Minum Tablet Tambah Darah

Gambar : TAMBAH DARAH – Seorang siswi mendapat tablet tambah darah dari petugas PMR SMANSAPRAMA bantuan dari Puskesmas Pracimantoro. *Foto: Smansaprama Media.


SMANSAPRAMA- Acara Pembagian tablet penambah darah dari tim Palang Merah Remaja (PMR) SMA Negeri 1 Pracimantoro bagi para siswi diadakan pada Rabu (13/12/2023) di ruang multimedia. Tujuan pembagian tablet tambah darah ini ialah untuk mencegah terjangkitnya penyakit anemia bagi remaja putri.

Para siswi SMA Negeri 1 Pracimantoro dipanggil per-kelas untuk mendapatkan arahan dari pembina dan anggota PMR untuk dosis minum tablet tersebut (seminggu sekali). Selain itu, PMR juga menyediakan cek list untuk memastikan seluruh remaja siswi mendapatkan obat penambah darah.

Pembagian tablet tambah darah adalah salah satu program pemerintah bagian kementrian kesehatan untuk memberantas anemia pada remaja putri dan perempuan subur. Setiap Puskesmas ada program penyaluran Tablet Tambah Darah (TTD) kepada para pelajar sekolah seperti SMP dan SMA.

“Kegiatan ini rutin dilakukan. Pemberian tablet tambah darah yang kedua kira-kira akan diberikan pada Maret 2024,” tutur Arlina, Ketua PMR Smansaprama yang turut membantu pembagian tablet tambah darah tersebut kepada Smansaprama Media.

Ia juga memaparkan beberapa manfaat meminum tablet tambah darah yaitu untuk mencegah anemia atau kekurangan darah. Di samping itu untuk  menambah zat besi pada tubuh, mencegah stunting, kemampuan berpikir.

“Tablet tambah darah ini juga bisa membuat wajah berseri-seri karena tidak kekurangan sel darah merah,’’ tambahnya.

Sementara, Arvita Aprilia, salah satu siswa kelas Fase E/ X-7 mengaku senang setelah mendapat bantuan tablet tambah darah. Seluruh peserta didik perempuan baik kelas X, XI, dan XII mendapatkan bantuan tablet tambah darah.

“Obat ini dapat mengurangi pasien anemia dan siswi menjadi lebih bugar,” ujarnya. *(by Annisa Ramadhani Fase E/X-7, Melyanna Fase E/X-5)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment