Demi Masa Depan Anak, Wali Kelas Bangun Silahturahmi dengan Wali Siswa

By Admin 28 Apr 2024, 17:24:20 WIB KEGIATAN SEKOLAH
Demi Masa Depan Anak, Wali Kelas Bangun Silahturahmi dengan Wali Siswa

Gambar : PERTEMUAN ORANG TUA – Pihak Manajemen SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri menggelar pertemuan intensif antara orang tua/ wali siswa dengan pihak sekolah, Jumat (26/04/2024). Kepala Sekolah, Sri Paminto, SS, MPd (duduk berkaos) memimpin langsung jalannya pertemuan.*Foto: Smansaprama Media.


SMANSAPRAMA MEDIA – Manajemen SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri (Smansaprama) membuat terobosan dengan menggelar pertemuan antara wali kelas dengan orang tua atau wali siswa, Jumat (26/04/2024). Kegiatan yang berlangsung di ruang Multi Media Smansaprama tersebut dimaksudkan sebagai upaya membangun komunikasi yang intensif antara pihak sekolah dengan orang tua siswa.

      Kegiatan silahturahmi orang tua dengan pihak sekolah ini dilakukan dalam forum terbatas setiap pekan menghadirkan wali siswa dua kelas. Targetnya seluruh wali siswa akan diundang untuk mendiskusikan perkembangan anak-anaknya (peserta didik) selama belajar di sekolah.

      Kepala SMA Negeri 1 Pracimantoro, Sri Paminto, SS, MPd yang memimpin langsung jalannya diskusi antara orang tua dengan wali siswa mengatakan, agar komunikasi dapat berjalan dengan optimal pertemuan dibatasi setiap pekan menghadirkan wali siswa dua kelas. Pada Jumat (26/04/2024) dimulai dengan mengundang wali siswa kelas Fase F XI-6 dan XI-7.

      “Selanjutnya akan diteruskan mengundang wali siswa yang lain, sampai seluruhnya bisa dihadirkan. Kegiatan ini sekaligus untuk menyampaikan program-program baik yang ada di sekolah,’’ jelas kepala sekolah kepada Smansaprama Media.

      Pada pertemuan tersebut, hadir kedua wali kelas, yakni Supardi, SPd (walas Fase F XI-6) dan Hesti Kurniyati, SPd (walas Fase F XI-7). Selain itu turut mendampingi acara Waka Kesiswaan Wahyu Widayat, SPd, Guru Bimbingan Konseling (BK) kelas Fase F, Tulus Fery Pradana, SPd, dan Plt KTU, Istuti, SPd.

      Menurut kepala sekolah, kegiatan ini dilakukan sebagai respon atas perkembangan kebutuhan pengelolaan sekolah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Disebutkan, bahwa dewasa ini tanggung jawab mendidik anak semakin berat karena harus menghadapi derasnya pengaruh globalisasi yang bisa berdampak negatif.

      “Posisi dan peran antara siswa, orang tua, dan guru atau sekolah adalah ibarat segitiga sama sisi. Kita harus mampu menjadi teman yang baik dan saling menguatkan. Godaan perkembangan  jaman sungguh mengancam masa depan anak-anak kita,’’ tambahnya.

      Sementara, dalam pertemuan tersebut umumnya wali siswa setuju dan mendukung program dan upaya sekolah dalam rangka mendidik dan menggembleng peserta didik yang memiliki karakter kuat dan berakhlak mulia. Orang tua setuju jika pihak sekolah harus melakukan pembiasaan disiplin kepada siswa dengan tujuan yang baik. Di sisi lain, pihak sekolah juga meminta kepada orang tua untuk mengawasi kegiatan dan pergaulan siswa setelah pulang sekolah agar tidak terperosok dalam komunitas yang tidak baik.*kipam




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment