Edu Expo 2024 Beri Motivasi Peserta Didik Kuliah

By Admin 13 Feb 2024, 11:52:51 WIB HUT KE-26 TAHUN 2024
Edu Expo 2024 Beri Motivasi Peserta Didik Kuliah

Gambar : DISKUSI – Sejumlah siswa kelas XII tampak serius mengikuti diskusi dengan mahasiswa dari perguruan tinggi untuk mencari informasi terkait masalah perkuliahan dalam Education Expo SMAN 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Senin-Selasa (6-7 Februari 2024). *(Foto: Smansaprama Media)


SMANSAPRAMA MEDIA – Sebagai rangkaian HUT ke-26, SMAN 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri mengadakan Education Expo (Edu Expo) selama dua hari, Senin-Selasa (6-7 Februari 2024). Acara dimaksudkan untuk memberikan motivasi dan referensi kepada para peserta didik, khususnya kelas XII dalam melanjutkan studinya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh setidaknya 32 perguruan tinggi dan 1 LPK di Solo, Yogyakarta, dan sekitarnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para siswa tentang perguruan tinggi yang ada, mulai dari program studi (prodi), biaya dan teknik pendatarannya.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk kuliah. Edu Expo ini sudah tiga tahun berturut-turut, dari tahun 2022 sampai 2024 ini,” tutur Siti Marpriyani, SPsi selaku guru Bimbingan Konseling kepada Smansaprama Media.

Disebutkan, tahun 2024 ini adanya peningkatan minat para siswa untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun swasta (PTS). Tahun ini setidaknya ada 214 siswa kelas XII yang akan lulus sekolah.

Dari jumlah itu 40 % di antaranya mendapat peluang untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Meliputi jurusan IPA 44 orang dan 43 IPS. Sejumlah alumni Smansaprama banyak yang menjadi langganan kuliah di UNS, ISI Solo, UNY, Unnes, dan lainnya termasuk beberapa PTS.

Sementara, Arif Hidayat, salah satu siswa kelas XII yang memiliki minat untuk kuliah di jurusan Teknik Sipil menyatakan kesannya mengikuti kegiatan Edu Expo. Kegiatan ini dapat memberikan referensi dan informasi terkait dengan perkualiahan.

“Edu Expo ini bermanfaat bagi siswa karena bisa memberi pilihan terbuka untuk kemungkinan rencana kuliah, termasuk di kampus swasta,” jelasnya.

Kepala SMAN 1 Pracimantoro, Sri Paminto, SS, MPd mengatakan, kegiatan Edu Expo merupakan pameran pendidikan yang ditujukan untuk peserta didik khususnya kelas XII yang akan menjadi calon mahasiswa. Kegiatan ini dapat menjadi motivasi dan rujukan dalam melakukan konsultasi dan mencari informasi yang akurat tentang pendidikan tinggi.

Ia berharap animo peserta didik yang melanjutkan kuliah pada tahun ini meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kendati menjadi tantangan tersendiri, lulus SMA idealnya bukan akhir dari perjalanan pendidikan seseorang.

“Banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika kuliah. Secara SDM, kompetensi, dan relasi seseorang akan lebih meningkat sesuai bakatnya. Tapi bisa juga orang kuliah harus dengan bekerja dulu alias nyambi bekerja. Yang paling penting semangatnya. Ada pepatah, man jadda wajada,’’ ajak kepala sekolah. *(Diah Fani, Azizia, Annisa Fase E X-7, dan Mellyana Fase E X-5).




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment