Gelar Aksi P5 Tema Kearifan Lokal Prosesi Pernikahan Adat Jawa

By Admin 14 Des 2023, 09:51:12 WIB Sekitar Kita
Gelar Aksi P5 Tema Kearifan Lokal Prosesi Pernikahan Adat Jawa

SMANSAPRAMA: Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sebagai opsi pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun 2022-2024. Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) terdapat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau bisa disingkat P5. Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

Projek terakhir bagi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Pracimantoro dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2023 – 15 Mei 2023 dengan menggunakan sistem blok. Projek keempat tema kearifan lokal dengan topik“Prosesi Pernikahan Adat Jawa” untuk memberikan kesempatan siswa belajar sesuai dengan bakat dan minat yang tertuang dalam Profil Pelajar Pancasila. Bertujuan untuk melatih kesehatan fisik dan mental secara berkelanjutan, projek dengan metode pembelajaran yang aktif dan berpusat pada siswa ini diharapkan memberikan pengalaman yang sangat berharga untuk siswa. Kearifan lokal adalah pendangan hidup suatu masyarakat di wilayah tertentu mengenai lingkungan alam tempat tinggal. Dalam projek terakhir ini topik yang diangkat adalah prosesi pernikahan adat jawa. Hal tersebut merupakan suatu kearifan lokal yang sangat kental sekali dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat jawa, terkhusus di daerah pracimantoro. Pada prosesi pernikahan adat jawa banyak sekali tahapan-tahapanan dalam pernikahan yaitu pasang tarub, srah-srahan, siraman, midodareni, ijab qobul, temu manten, kacar-kucur, dulangan, sungkeman dan ngunduh mantu. Pada tema ini diharapkan siswa dapat memahami makna-makna yang terkadung dalam setiap prosesi pernikahan adat jawa, sehingga dapat mereka aplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

SMA Negeri 1 Pracimantoro melaksanakan kegiatan P5 dimulai dengan koordinasi antara koordinator, fasilitator utama dan fasilitator pendamping. Siswa diberikan materi dan vidio tentang Prosesi pernikahan adat jawa. Setelah diberikan materi siswa mendapatkan tugas untuk menentukan masing-masing paraga dalam pernikahan adat jawa. Kreatifitas dan kerjasama yang baik dalam satu kelas sangat diutamakan dalam penyelesaian projek ini. Masing-masing paraga yang sudah terpilih harus bertanggung jawab sesuai dengan perannya. Penilaian dilakukan oleh bapak ibu guru juri. Paraga-paraga terbaik ditampilkan pada acara puncak projek tanggal 15 Mei 2023. Seluruh siswa kelas X bekerjasama serta bergotong royong untuk mensukseskan acara puncak projek karena disaksikan oleh siswa siswi kelas XI serta bapak ibu guru,tata usaha serta komite sekolah sebagai tamu undangan.

Kepala Sekolah Bapak Widodo, S.Pd., M.Pd memberikan apresiasi atas terlaksananya projek “Prosesi Pernikahan Adat Jawa” dengan antusias dan partisipasi siswa yang sangat bersemangat dalam pelaksanaan P5 ini. Melalui projek ini, siswa diharapkan telah mengembangkan secara spesifik tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila, yakni Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa & berakhlak mulia, gotong royong dan mandiri.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment