Jumat Kliwon Berbudaya Bersih Para Siswa Peduli Lingkungan

By Admin 09 Jun 2024, 05:37:37 WIB Jumat Bersih
Jumat Kliwon Berbudaya Bersih  Para Siswa Peduli Lingkungan

Gambar : MENATA KELAS : Tampak para siswa saling bekerja sama membersihkan dan menata kelasnya masing-masing pada kegiatan Jumat Kliwon Berbudaya Bersih di SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jumat (7/6/2024). *(Foto by Hafid Musthofa).


SMANSAPRAMA MEDIA- Pada Jumat (7/6/2024) SMA Negeri 1 Pracimantoro (SMANSAPRAMA) kembali menyelenggarakan kegiatan “Jumat Kliwon Berbudaya Bersih.” Kegiatan kebersihan yang sejalan denga program Adiwiyata Sekolah ini dimulai pukul 07.00-08.00 WIB yang diikuti oleh seluruh warga sekolah.

      Kegiatan dimulai dengan apel pagi yang dipimpin oleh bagian Sarpras dan Kesiswaan. Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan kelas, lingkungan luar kelas masing-masing dan kebersihan taman sekolah. Selain untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata, budaya Jumat bersih ini juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai gotong royong, kebersamaan, peduli lingkungan, serta budaya bersih dan sehat pada peserta didik.

      Pihak sekolah berharap program ini menambah kepedulian peserta didik terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan. Setiap pagi dan menjelang pulang sekolah para siswa diharapkan lebih rajin membersihkan lingkungan kelasnya. Kebiasaan baik ini juga diharapkan  mampu diterapkan di lingkungan keluarga dan masyarakat.

      Kepala SMA Negeri 1 Pracimantoro, Sri Paminto, SS, M.Pd melalui Waka Sarpras, Tulus Fery Pradana, SPd menuturkan, dalam program Jumat bersih sebelumnya para siswa dihimbau untuk membawa peralatan kebersihan dan tanaman semampunya. Siswa dilatih dengan budaya gotong royong dan berkomunikasi dengan baik antar-teman serta membangun hubungan sosial yang baik di sekolah.

      “Alhamdulillah kegiatan Jumat Kliwon Berbudaya Bersih ini sudah berjalan dengan baik yang diikuti oleh seluruh warga sekolah,’’ terang Tulus Fery Pradana kepada Smansaprama Media.

      Ia juga bangga terhadap para siswa kelas X Fase E dan XI Fase F telah bekerja sesuai dengan arahannya. Seperti semangat dalam menata meja, membersihkan kelas, atap kelas, kaca jendela, bagian lantai, dan membersihkan taman di depan kelasnya masing-masing. “Anak-anak juga rajin menyirami tanaman di sekitar kelasnya masing-masing,’’ tambahnya.

       Sementara, peserta didik Kelompok Kerja (POKJA) Sampah yang di koordinator guru BK, Siti Marprihati S.Psi telah melakukan tugasnya dengan baik. Pihak sekolah mengimbau kepada seluruh siswa untuk membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenis sampahnya.

      Selain POKJA Sampah, ada pula POKJA Anggrek yang di koordinator guru PKn, Suheti Priyani S.Pd juga telah melakukan tugasnya dengan baik, yaitu memelihara tanaman anggrek. Diharapkan kedepannya semua POKJA yang lain dapat bekerja sama dengan baik sehingga SMANSAPRAMA mencapai lingkungan sekolah Adiwiyata.

      Sementara, Siela Kristi Andini, siswi kelas X-5 Fase E mengatakan harapannya dalam kegiatan “Jumat Kliwon Berbudaya Bersih.” Ia senang sekolahnya menjadi lebih bersih yang pastinya akan membawa suasana yang tenang dan nyaman dalam belajar.

      ‘’Kami juga bisa dilatih kerjasama dan saling peduli terhadap lingkungan sekolah. Saya juga semakin tahu, adanya sosialisasi terhadap sampah yang membedakan sampah organik dan an-organik dapat membantu proses penguraian sampah,’’ ujarnya. *(Deswinta Fallin XI-2 Fase F, Azizia Nafila X-5 Fase E, dan Melyana Putri X-5 Fase E).




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment