Jumat Kliwon Berbudaya Bersih Smansaprama

By Admin 23 Jan 2024, 07:37:43 WIB KEGIATAN SEKOLAH
Jumat Kliwon Berbudaya Bersih Smansaprama

Gambar : BUDAYA BERSIH – Setiap Jumat Kliwon dilakukan praktik baik berbudaya bersih secara serentak di SMA Negeri 1 Pracimantoro yang diikuti seluruh warga sekolah.*(Foto: by Hendra)


SMANSAPRAMA MEDIA - Aktivitas Jumat Kliwon  berbudaya bersih kembali diselenggarakan oleh warga sekolah SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri pada Jumat (19/01/2024). Kegiatan serentak yang diikuti seluruh warga sekolah ini bertujuan agar terlaksananya lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah, sehat, dan bebas dari penyakit.

 Sebelumnya para siswa dan siswi dihimbau untuk membawa peralatan kebersihan. Kemudian pembagian tugas, ada yang menyapu, mengepel lantai di depan kelas, membuang sampah dan ada sebagian siswa membuang genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang-biaknya nyamuk.

Kebersihan kelas secara rutin setiap hari sudah berjalan dengan baik di SMAN 1 Pracimantoro. Kemudian sebulan sekali (setiap Jumat Kliwon) dilakukan pembiasaan Jumat bersih sebagai tindak lanjut program sekolah berkarakter dan adiwiyata.

Diyah Tri Hapsari, SPd selaku guru di SMA Negeri 1 Pracimantoro menuturkan, bahwa kegiatan Jumat  Kliwon berbudaya bersih kali ini terdapat tantangan dalam pelaksanaannya. Masalahnya cuaca yang kurang mendukung karena hujan yang menyebabkan warga sekolah tidak bisa optimal dalam membersihkan lingkungan di sekolah.

“Harapannya kegiatan Jumat bersih ini tetap terus dilaksanakan dengan penuh semangat. Tujuannya agar lingkungan sekolah semakin bersih. Pembiasaan ini juga untuk menyadarkan warga sekolah bahwa menjaga kebersihan lingkungan itu sangat penting,” harapnya.

Sementara, Dana Paramitha Eliya, siswa kelas Fase E/X-5 merasa senang dengan adanya kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini bisa mempererat pertemanan di kelasnya dan dapat menghabiskan waktu bersama dengan kegiatan yang produktif.

“Manfaat yang saya dan teman-teman dapat yaitu, hubungan pertemanan kami yang semakin erat, saling tolong menolong satu sama lain. Di samping itu terciptanya lingkungan kelas yang bersih dan nyaman di pandang,” ujar Eliya mengenai aktivitas Jumat Kliwon berbudaya bersih ini. *(Annisa/Fase E X-7, Azizia/ Fase E X-5)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment