Jumat Pon Jalan Sehat Berkarakter dan Berbudaya

By Admin 15 Jan 2024, 07:07:43 WIB KEGIATAN SEKOLAH
Jumat Pon Jalan Sehat Berkarakter dan Berbudaya

Gambar : LINGKUNGAN SEKITAR – Seluruh siswa beserta guru dan karyawan SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri melaksanakan pembiasaan baik jalan sehat di perkampungan sekitar sekolah pada Jumat Pon, (12/1/2024). *(Foto: Tim Dokumentasi Smansaprama Media)


SMANSAPRAMA MEDIA - SMA Negeri 1 Pracimantoro Kabupaten Wonogiri kembali melaksanakan pembiasaan positif sepekan sekali (Jumat). Pada Jumat Pon, (12/1/2024) bertema “Berbudaya Sehat” dengan kegiatan jalan sehat yang diikuti seluruh warga sekolah (kepala sekolah, guru dan karyawan, serta seluruh siswa).

Jalan sehat dimulai pukul 07.00 sampai 08.00 WIB mengambil rute jalan desa di sekitar Kecamatan Pracimantoro. Kegiatan Jumat sehat bertujuan untuk menyehatkan tubuh secara jasmani dan rohani sekaligus refreshing warga sekolah.

Kegiatan diawali dengan apel dan berdoa bersama lalu dilanjutkan jalan sehat yang dipandu oleh pengurus OSIS. Para siswa merasa senang dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan Jumat Sehat merupakan salah satu praktik baik di SMA Negeri 1 Pracimantoro yang ber-motto “Smansaprama Berkarakter dan Berbudaya.” Berkarakter artinya sebuah kepribadian dan budi pekerti yang bernilai baik, sedangkan berbudaya adalah perilaku yang dilandasi nilai-nilai budaya (lokal, regional, dan Nasional).

Pembina OSIS, Mariya Rohmawati, SPd menuturkan, bahwa Jumat Pon berbudaya sehat bukan semata-mata untuk menyehatkan tubuh semata. Kegiatan ini juga berperan dalam penanaman karakter positif dan secara tidak langsung melatih siswa bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya.

“Dengan kegiatan ini biar kita tahu konsep lingkungan masyarakat yang baik, rutenya melintasi jalan desa-desa, menyapa warga dan penduduk sekitar. Ada nilai-nilai kepedulian sosial,’’ kata pembina OSIS ini kepada tim Smansaprama Media.

Kegiatan ini juga mengajarkan budaya tepat waktu kepada siswa, budaya tepat menggunakan pakaian olahraga, dan budaya selalu menjaga hidup sehat. Para siswa juga didorong untuk berpikir kritis dan melaksanakan praktik baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Sementara itu, Ayumi, siswi kelas Fase E/X-7 mengungkapkan, sangat senang mengikuti kegiatan Jumat Sehat. Menurutnya, kegiatan ini dianggap sebagai refreshing setelah empat hari penuh mengikuti kegiatan belajar dan mengajar (KBM) di sekolah.

“Kesan saya selama mengikuti jalan sehat sangat menyenangkan dan mengasyikkan. Selain untuk menyehatkan jasmani juga untuk refreshing dengan melihat alam di luar sekolah,” ungkapnya. *Salwa Farah (Fase E/X-7) & Diah Fani (Fase F/XI-3)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment