Kegiatan Akhir Semester, Adakan Workshop

By Admin 29 Mei 2023, 14:13:37 WIB Sekitar Kita
Kegiatan Akhir Semester, Adakan Workshop

SMANSAPRAMA: Kamis-Jumat, 25-26 Mei 2023 SMA Negeri 1 Praimantoro mengadakan workshop dengan tema Peningkatan Profesionalisme Guru tentang Pembelajaran Berdiferensiasi (Modul Ajar dan Strategi Pembelajaran), pelaksanaan di ruang multimedia.

Kegiatan Workhsop ini dengan susunan acara: Pembukaan, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Penampilan siswa yang mendapatkan juara 1 di FLS2N di tingkat Kabupaten Wonogiri dan pemutaran video tari kreasi dari siswa yang mendapatkan juara 1 pula. Dilanjutkan dengan berdoa untuk mengawali kegiatan ini. Acara berikutnya sambutan kepala SMA Negeri 1 Pracimantoro, Bapak Widodo, S. Pd., M. Pd. “Kegiatan akhir semester genap ini, kita akhiri dengan adanya workhsop peningkatan profesionalisme guru mata pelajaran. Workshop ini mengangkat tema yang berbobot sekali yaitu pembelajaran berdiferensiasi. Silahkan Bapak/Ibu guru mengikuti dengan baik, serap ilmu Pak Wawan. Jika ada hal yang mengganjal tentang materi langsung ditanyakan pada ahlinya” Tegas beliau.

Acara inti dengan narasumber Pengawas SMA Provonsi Jawa Tengah yaitu Drs. Setyawan, M. Pd., secara runtut menjelaskan tentang peningkatan profesionalisme guru tentang pembelajaran berdiferensiasi (modul ajar dan strategi pembelajaran). Berikut kutipan penjelasan dari narasumber “Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Guru memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhannya, karena setiap murid mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa diberi perlakuan yang sama. Dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi guru perlu memikirkan tindakan yang masuk akal yang nantinya akan diambil, karena pembelajaran berdiferensiasi tidak berarti pembelajaran dengan memberikan perlakuan atau tindakan yang berbeda untuk setiap murid, maupun pembelajaran yang membedakan antara murid yang pintar dengan yang kurang pintar”.

Acara workhsop ini diikuti oleh 44 guru SMA Negeri 1 Pracimantoro. Pelaksanaan workshop berjalan dengan lancar dan sukses, dalam hal ini terbukti bahwa adanya diskusi umpan balik antara narasumber dengan peserta (Bapak/Ibu Guru). Acara penutup dengan refleksi yaitu mengenai pelaksanaan Kegiatan Belajar Megajar selama satu semester dan tindak lanjut untuk kedepannya. Sesi foto bersama sebagai tanda diakhiri workshop, senyum bahagia dari bapak/ibu guru.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment