Pelatihan dan Pelantikan Bantara Cetak Kader Terbaik

By Admin 16 Jan 2024, 07:27:36 WIB KEGIATAN PRAMUKA
Pelatihan dan Pelantikan Bantara Cetak Kader Terbaik

Gambar : BERSAMA KAMABIGUS – Seluruh pengurus Dewan Ambalan SMAN 1 Pracimantoro berfoto bersama dengan Kamabigus dan para Pembina Pramuka Smansaprama setelah pembukaan Pelatihan dan Pelantikan Bantara, kemarin. *Foto: Tim Smansaprama Media.


SMANSAPRAMA MEDIA - Pramuka SMAN 1 Pracimantoro  Kabupaten Wonogiri melakukan pelatihan sekaligus Pelantikan Bantara untuk calon Bantara yang terpilih. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat dan Sabtu (12-13/1/2024) bertempatkan di SMA Negeri 1 Pracimantoro yang diikuti 31 calon Bantara.

Kepala SMA Negeri 1 Pracimantoro, Sri Paminto, SS, MPd didampingi para pembina Pramuka saat membuka acara berharap kegiatan ini dapat mencetak kader Bantara terbaik. Menurutnya, mengikuti kegiatan Pramuka memberikan manfaat yang berharga dalam pembentukan karakter, pengembangan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan kecintaan pada lingkungan.

“Pramuka juga mengajarkan nilai-nilai seperti kerjasama, tanggung jawab, dan pengabdian kepada masyarakat. Ayo tingkatkan semangat kalian,’’ ajak Kamabigus SMAN 1 Pracimantoro ini kepada Smansaprama Media.

Pada hari pertama calon bantara mendapatkan materi seputar  Kewirausahaan dari Kak Puspita Widjajanti SE, MPd. Materi berikutnya adalah pengenalan baris berbaris (PBB).

Pada hari kedua berisi tes Syarat Kecakapan Umum (SKU) oleh Dewan Ambalan SMANSAPRAMA. Seluruh peserta didampingi pembina dan anggota PMR sekolah berkemah semalam  di kompleks Museum Kars. Kegiatan ini diakhiri dengan upacara pelantikan  calon bantara yang baru.

Suheti Priyani, SPd selaku salah satu pembina pramuka menuturkan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai prasyarat untuk menjadi anggota atau pengurus Pramuka SMAN 1 Pracimantoro. Ia berharap seluruh anggota Bantara terpilih dapat menjadi contoh dan berperilaku baik seperti nilai-nilai Dasa Darma Pramuka.

 “Kegiatan ini adalah salah satu prasyarat menjadi anggota atau pengurus pramuka. Semoga ambalan Nyi Ageng Pinatih dan Sam Ratulangi dapat lebih meningkat lagi prestasinya dan mampu memajukan Pramuka gugus depan SMAN 1 Pracimantoro,” ajak Kak Suheti.

Sementara itu, menurut Rizki Indro Cahyono (Fase E/X-3) dengan mengikuti pelatihan bantara ia dapat sambil belajar dan bekerja sama dengan teman dan lingkungan.

“Kegiatan ini sangat menyenangkan karena  saya dapat belajar bagaimana berorganisasi dan cara belajar berkelompok dengan baik serta kerjasama yang nyata dan akurat,” tuturnya. *Syihabudin Ghossani Akbar (Fase E/X-3) & Arvita Aprilyani (Fase/X-7).




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment