PENTAS KARAWITAN DAN BAND AJANG JUMAT BERBUDAYA SENI

By Admin 30 Sep 2024, 06:58:56 WIB KEGIATAN SEKOLAH
PENTAS KARAWITAN DAN BAND AJANG JUMAT BERBUDAYA SENI

Gambar : KARAWITAN- Salah satu penampilan Jumat Pahing Berbudaya Seni adalah penampilan anak-anak Sanggar Kridha Wirama Smansaprama dan grup band pada, Jumat (27/09/2024). *(Foto: Smansaprama Media)


SMANSAPRAMA MEDIA  Persembahan Jumat Pahing Berbudaya Seni SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri (Smansaprama), Jumat (27/09/2024) agak berbeda. Pasalnya kali ini diwarnai oleh penampilan menarik dari anak-anak tim ekskul seni karawitan dan tim ekskul seni musik.

Hal ini sebagai komitmen Smansaprama dalam melestarikan seni budaya yang adi luhung, baik itu seni tradisional Jawa (gamelan) dan seni modern (band). Kegiatan ini juga sebagai bentuk apresiasi terhadap tim karawitan Smansaprama, Sanggar Kridha Wirama setelah menjadi juara II Lomba Karawitan Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, pertengahan September 2024.

Seperti diketahui dalam babak final yang diikuti enam tim (perwakilan kabupaten/ kota di Jawa Tengah), Sanggar Kridha Wirama sebagai juara II. Sementara juara I adalah tim dari Kabupaten Wonosobo dan juara III tim karawitan Kabupaten Blora.

 Pelaksanaan pentas “Jumat Seni” ini bertempat di lapangan SMA Negeri 1 Pracimantoro dimulai pada pukul 07.30 WIB diikuti oleh seluruh peserta didik dan selesai pukul 08.30 WIB. Seni karawitan menampilkan geding berjudul “Ketawang Subakastawa Rinengga laras Pelog pathet Nem,” lagu “Wonogiri Sukses,” dan lagu “Mari Kangen.” Sementara grup band eclipse dari ekskul musik menampilkan lagu berjudul “Jiwa Yang Bersedih” dan “Serana.”

Kepala SMA Negeri 1 Pracimantoro, Sri Paminto yang turut tampil dalam pentas karawitan mengaku bangga dengan bakat dan prestasi yang dimiliki anak-anak Smansaprama. Ia mendorong anak-anak karawitan dan band untuk terus berlatih dan mengasah talentanya untuk menjadi yang terbaik.

“Saya mendukung kalian untuk terus belajar dan mengembangkan bakatmu. Apalagi anak-anak kelas X sudah banyak yang menunjukkan bakatnya di bidang seni karawitan. Kegiatan ini juga sebagai penguatan karakter bagi peserta didik,’’ jelas kepala sekolah kepada Smansaprama Media.

Kepala sekolah menyambut baik akan potensi seni yang dimiliki oleh anak-anak di Kecamatan Pracimantoro dan Kabupaten Wonogiri pada umumnya. Menurutnya, sejak dulu Wonogiri dikenal sebagai gudangnya para seniman dan generasi muda yang berbakat dalam seni budaya.

Sementara, Syafira Azzahra, siswi kelas XI-3 Fase F merasa senang dengan program pengembangan minat bakat yang ada di Smansaprama. Pembiasaan setiap hari Jumat, khususnya pada Jumat Paing digunakan sebagai ajang pentas seni sangat bermanfaat bagi peserta didik untuk belajar dan mengapresiasi seni budaya.

“Di pertunjukan Jumat seni kali ini sangatlah bagus, adanya karawitan untuk pengenalan budaya jawa pada para pelajar dan penampilan ekstrakurikuler band yang seru dengan membawakan lagu-lagu yang sedang trending saat ini,’’ jelasnya.

Ia menikmati setiap penampilan yang ditunjukkan dan berharap kedepannya akan banyak pertunjukan yang berkembang. Tak hanya seni musik Jawa dan band, namun juga seni musik internasional yang sekaligus untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris para siswa. *(Annisa R/Fase F XI-3 dan Azizia/Fase F XI-3)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment