Pentas Seni Berkarakter dan Berbudaya Puncak HUT SMANSAPRAMA 2024

By Admin 09 Feb 2024, 09:27:52 WIB HUT KE-26 TAHUN 2024
Pentas Seni Berkarakter dan Berbudaya Puncak HUT SMANSAPRAMA 2024

Gambar : TAMPIL BARENG – Pasangan Dimas dan Diajeng SMANSAPRAMA tahun 2023 dan 2024 foto bersama dalam panggung seni puncak acara HUT ke-26 Smansaprama, Senin (05/02/2024). *(Foto: Tim Smansaprama Media).


SMANSAPRAMA MEDIA - Setelah sejumlah kegiatan dan perlombaan dalam HUT SMA Negeri 1 Pracimantoro (SMANSAPRAMA) ke-26 selesai digelar akhirnya sampai pada puncak acara, Senin (05/02/2024). Acara yang bertemakan "Bhavana Chata" dan berlangsung lima hari ini menggelar panggung seni di halaman sekolah.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SMANSAPRAMA yang dipandu oleh Ekstrakurikuler Paduan Suara SMA. Kemudian sambutan Kepala SMA Negeri 1 Pracimantoro, Sri Paminto SS, MPd dan seremonial pembukaan dengan memukul gong serta pemotongan tumpeng.

Sri Paminto dalam sambutannya menyampaikan, bersyukur serangkaian kegiatan HUT Smansaprama ke-26 dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya memupuk minat, bakat, dan talenta para siswa, khususnya di bidang olah raga dan seni budaya.

“Dengan momen ini, semangatnya semoga semua prestasi yang telah dicapai, baik yang akademik dan non-akademik untuk dapat ditingkatkan,’’ jelas kepala sekolah dalam sambutan.

Ia mengingatkan seluruh warga sekolah, khususnya para peserta didik terkait “tagline” yang dikampanyekan di Smansaprama saat ini, yakni "Berkarakter dan Berbudaya." Berkarakter artinya bahwa pendidikan diarahkan dalam rangka penanaman etika, budi pekerti, perilaku, dan tata krama generasi muda menuju sikap berbudi luhur.

“Berbudaya artinya pendekatan yang dipakai dalam pendidikan budi pekerti itu menggunakan semangat budaya dan kerarifan lokal,’’ imbuhnya.

Sementara, Ketua Komite Smansaprama, Karsito mengapresiasi atas kerja sama sehingga dapat melaksanakan semua kegiatan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ini dengan lancar, aman, dan tertib. Ia berharap Smansaprama semakin berprestasi dan bersinar.

“Semoga ke depan semua warga Smansaprama semakin rukun dan bekerjasama untuk prestasi yang lebih baik,’’ ajaknya.

Acara semakin lengkap dengan penampilan yang keren karawitan Jawa dari anak-anak yang tergabung dalam Ekskul Seni Karawitan. Tidak ketinggalan penampilan pemenang Lomba Membaca Geguritan dan Tari Kreasi yang mendapat sambutan luar biasa.

Setelahnya, ada pembagian hadiah sejumlah lomba yang sudah diselenggarakn. Di antaranya Lomba Musabaqoh Syarhil Qur'an (MSQ) antar-SMP/sederajat. Terpilih sebagai juara I tim SMPN 1 GIRITONTRO, juara II  tim SMPN 2 GIRITONTRO, dan juara III oleh tim SMP Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Pracimantoro.

Lomba Eksternal Lukis juara I yang dimenangkan oleh Wida Lovely Alieza (SMP MPK), juara II oleh Azizah Rahma Fitriyanti (SMP 2 Giritontro), dan juara III diraih Gita Ayu Purbo Asmoro (MTS Sudirman).

Lomba internal Geguritan juara I diraih  Retno dari kelas XII MIPA 1, Lomba Kebersihan Kelas juara I dimenangkan oleh kelas Fase E X-4, Lomba Demonstrasi Ekstrakurikuler Pramuka juara I dimenangkan oleh kelas Fase E X-6. Lomba Tari Kreasi juara I dimenangkan siswa kelas XII IPS-2.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan gelar Dimas Diajeng SMANSAPRAMA 2024. Dimas SMANSAPRAMA tahun 2023 adalah Eka Noan yang digantikan oleh Rizky Indro. Sedangkan Diajeng tahun 2023 Kenya digantikan oleh Arlina Miesa.

Acara ditutup dengan penampilan Band SMANSAPRAMA yaitu Band Gen Z dan Gelas Gondel lalu bintang tamu Band Reggae Reborn, MMC, AB 20, dan Vidia Antavia. *(Deswinta Fallin dari Fase F XI-2).




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment