PILIHAN OSIS

By Admin 16 Okt 2023, 08:45:52 WIB KEGIATAN SISWA
PILIHAN OSIS

Gambar : MERIAH- Suasana pemungutan suara pemilihan Ketua Osis Smansaprama di ruang multimedia berlangsung demokratis dan meriah. * Foto by Tim Dokumentasi


BERLATIH DEMOKRASI, SISWA SMANSAPRAMA IKUTI PEMILIHAN KETUA OSIS

SMANSAPRAMA- SMA Negeri 1 Pracimantoro mengadakan pemilihan pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS yang berlangsung demokratis pada Senin (09/10/23). Kegiatan diawali dengan debat dua pasangan calon (paslon), Naufal Musthafa (XI-4)/Rizky Indro Cahyono (X-3) dan pasangan Nuri Imam Prasetyo (XI-3)/Anggara Noeswantara Putra (X-4). Kegiatan ini dilaksanakan untuk menentukan siapakah yang layak menjabat sebagai ketua dan wakil ketua OSIS periode 2023/2024 mendatang.

Pemilihan diikuti tidak kurang 715 siswa kelas X, XI, dan XII, termasuk guru dan tenaga pendidikan (tendik). Mereka mencoblos kertas suara bergambar paslon yang diberikan panitia secara bergantian per kelas. Kegiatan ini berlangsung dari pagi hari hingga siang hari.

Sebelum kegiatan debat dimulai, kedua pasangan calon menyampaikan visi, misi dan progam kerja mereka. Setelah itu moderator menentukan pihak pro dan pihak kontra, lalu setelah itu penyampaian mosi debat oleh moderator. Debat berlangsung sengit karena kedua pasangan calon memiliki argumen yang sama unggulnya. Setelah acara debat tersebut selesai, pemilihan ketua dan wakil ketua pun dilakukan melalui voting, diawali dari kelas 12 hingga kelas 10.

“Kesan saya mengikuti debat OSIS ini yang pertama deg-degan pasti tapi asik juga,” ujar Rizky Indro Cahyono selaku calon wakil ketua dari pasangan nomor urut satu. Selain itu ia juga memaparkan bahwa kegiatan debat tersebut dapat menambah pengalaman dan wawasannya.

Calon ketua dari pasangan nomor urut dua, Nuri Imam Prasetyo juga mengatakan bahwa pada debat kali ini ia dapat memahami bahwa adu argumen bisa dilakukan dengan kepala dingin dan rasional, tidak perlu menggunakan perasaan pribadi namun menggunakan fakta-fakta yang ada di lapangan. “Pasangan kami sudah menyiapkan yang baik,’’ jelasnya.

Pembina Osis, Dwi Risdiyanto, SPd mengatakan, kriteria calon yang baik yaitu yang mempunyai visi misi dan proker yang selalu bergerak memajukan sekolah, sesuai visi dan misi sekolah. “Selain itu juga bertanggung jawab dan dapat dipercaya mengemban amanah,” tutur Dwi Risdiyanto.

Menurutnya, siapa pun yang nanti akan mengemban tanggung jawab sebagai ketua dan wakil ketua OSIS diharapkan bahwa Organisasi Siswa Intra Sekolah di SMA Negeri 1 Pracimantoro untuk selalu kompak, komunikatif, bertanggung jawab, dan dapat dipercaya serta tidak lekas puas dengan capaian dan selalu bergerak untuk maju terus memajukan sekolah tercinta. Kegiatan ini juga untuk melatih siswa berdemokrasi. *Annisa Ramadhani X-7




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment