Rangkaian PPDB 2024 Utamakan Pelayanan CPD

By Admin 25 Jun 2024, 07:20:35 WIB KEGIATAN SEKOLAH
Rangkaian PPDB 2024 Utamakan Pelayanan CPD

Gambar : AKTIVASI AKUN- Suasana pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2024 di SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri kepada Calon Peserta Didik (CPD) yang datang untuk pengajuan dan verifikasi akun berlangsung lancar dan nyaman. *(Foto: Sie dok Smansaprama media)


SMANSAPRAMA MEDIA – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri (Smansaprama) Tahun Pelajaran 2024/2025 sudah mulai dibuka sejak, Selasa-Senin (11-24/06/2024). Tahapan awal yang perlu dilalui bagi para Calon Peserta Didik (CPD) ialah pengajuan dan aktivasi akun, serta verifikasi berkas pendaftaran.  

Pelayanan PPDB berlangsung di aula A lantai 3 dan ruang multi media Smansaprama. Ratusan siswa SMP negeri dan swasta di Kecamatan Pracimantoro, Kecamatan Eromoko, Kecamatan Paranggupito (Kab Wonogiri), serta satu kecamatan, yakni Kecamatan Rongkop (Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta) berbondong-bondong mendaftar di SMA yang menjadi kebanggaan masyarakat Kecamatan Pracimantoro dan sekitarnya ini.

Kepala SMA Negeri 1 Pracimantoro, Sri Paminto, SS, MPd didampingi Ketua Panitia PPDB 2024, Wahyu Widayat, SPd menjelaskan, tahun ini sekolahnya membuka tambahan rombongan belajar (rombel), dari enam (6) menjadi tujuh (7) rombel. Kuota siswa baru yang akan diterima tahun ini adalah 252 orang.

“Karena permintaan masyarakat untuk sekolah di Smansaprama cukup tinggi, akhirnya manajemen memutuskan untuk menambah rombel. Alhamdulillah usulan kami disetujui oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah,’’ terang Wahyu Widayat kepada Smansaprama Media.

Pelayanan pengajuan dan aktifivasi akun, verifikasi berkas, serta pendaaftaran CPD terlayani dengan baik. Layanan aktivasi akun berlangsung setiap hari, dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.30 WIB.

Agung Suryo N, SPd, salah satu panitia menambahkan, banyak siswa-siswi SMP yang mengajukan dan aktivasi akun berminat sekolah di Smansaprama. Pada hari pertama dan kedua ada sebanyak 163 siswa sementara untuk hari ketiga nya ada sebanyak 58 siswa. Sampai hari terakhir pemohon aktifasi akun mencapai 355 CPD.

“Kebanyakan siswa tersebut dari SMP negeri/swasta Praci, dan sebagian lain berasal dari daerah luar Pracimantoro seperti Eromoko, Giritontro, Gunung Kidul, dan bahkan ada siswa dari wilayah Kabupaten Pacitan,’’ ungkapnya.

Kepala sekolah, Sri Paminto menambahkan, sesuai dengan ketentuan Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Tengah dan juklak/ juknis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, setiap CPD harus diberikan pelayanan yang terbaik saat melakukan rangkaian pendaftaran PPDB 2024. Pihak sekolah sudah melakukan sosialisasi syarat dan tahapan PPDB secara maksimal, baik secara langsung atau melalui media massa dan media sosial (sosial media).

 Pihak sekolah mengajak masyarakat luas atau lulusan SMP wilayah Pracimantoro dan sekitarnya segera melakukan pengajuan akun dan mendaftar sekolah. Panitia juga masih memberikan pelayanan pada hari Sabtu agar tidak ada CPD yang merasa tidak dilayani.

“Alhamdulillah, pelayanan aktivasi akun berjalan dengan lancar sampai akhir. Kami bertekad melayani generasi muda Pracimantoro dan sekitarnya untuk mendapatkan pelayanan pendidikan yang baik dan memiliki motivasi belajar yang tinggi,” jelas kepala sekolah.

Sementara, salah satu CPD, Chalista Febi Anisa dari SMPN 3 Pracimantoro menyampaikan semangatnya untuk mendaftar di Smansaprama. Salah satu alasannya untuk bergabung di Smansaprama karena banyak peluang untuk mengembangkan bakat seni.

“Saya ingin belajar di Smansapra. Selain sekolah ini tidak jauh dari tempat tinggal saya, saya juga ingin mengambangkan bakat, yakni di ekstrakurikuler seni tari,” ujarnya.

 Ia juga menambahkan kesannya selama mengikuti serangkaian tahapan PPDB. Ia sempat kebingungan pembuatan password akunnya, namun hal itu dapat terselesaikan dengan bantuan dari operator atau panitia PPDB Smansaprama. *(Annisa Ramadhani/Fase-E X-7 dan Melyanna P/Fase-E X-5)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment