SEMANGAT SISWA RAWAT TAMAN DALAM JUMAT BERBUDAYA BERSIH

By Admin 23 Sep 2024, 08:18:53 WIB KEGIATAN SEKOLAH
SEMANGAT SISWA RAWAT TAMAN DALAM JUMAT BERBUDAYA BERSIH

Gambar : BUDAYA BERSIH – Sejumlah pelajar SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri didampingi gurunya tampak semangat memelihara taman kelas masing-masing dalam kegiatan Jumat Kliwon Berbudaya Bersih, pada 20 September 2024. *(foto by Tim Media)


SMANSAPRAMA MEDIA – Kegiatan “Jumat Kliwon Berbudaya Bersih” kembali diadakan warga SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jumat (20/09/2024). Seluruh siswa didampingi bapak/ ibu guru dan wali kelasnya melaksanakan kegiatan kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.

      Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 07.00 WIB – 08.00 WIB. Praktik baik rutin ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, dan sehat untuk mendukung suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan. Kegiatan rutin ini diharapkan juga mampu menumbuhkan kesadaran warga sekolah akan pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.

       Kegiatan dimulai dengan pengarahan singkat tentang teknis pelaksanaan “Jumat Kliwon Berbudaya Bersih” yang disampaikan oleh Waka Sarana dan Prasarana SMANSAPRAMA, Tulus Fery Pradana, SPd. Kemudian para siswa kembali ke kelasnya masing-masing untuk memulai membersihkan ruangan kelas dan tamanisasi di sekitar kelas.

      “Kegiatan Jumat bersih ini juga salah satu bentuk implementasi pendidikan karakter yang mengajarkan nilai kebersamaan, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan,’’ jelas Tulus Fery Pradana kepada Smansaprama Media.

      Menurutnya, kegiatan ini juga sejalan dengan program Sekolah Adiwiyata Smansaprama. Setelah terpilih menjadi “Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024” selanjutnya Smansaprama bertekad untuk maju dalam jenjang sekolah Adiwiyata Nasional.

      Sejalan dengan itu, beberapa waktu yang lalu sudah diadakan lomba tamanisasi antar-kelas di lingkungan sekolah. Seluruh siswa mengelola taman kelasnya masing-masing, menanam, memelihara, dan menyirami tanamannya dengan rajin agar menjadi taman yang indah dan menarik.

      “Para siswa sangat antusias dan melakukannya dengan semangat. Harapan kedepannya agar para siswa bisa kompak untuk menjaga kebersihan kelas dan merawat taman dengan baik,” ajaknya.

      Sementara itu, Syafira Azzahra, siswi dari kelas XI-3 Fase F berpendapat bahwa kegiatan Jumat Bersih kali ini menyenangkan dan memiliki banyak manfaat. Menurutnya kegiatan ini dapat memperkuat solidaritas kelas dan mengingatkan semangat selalu peduli terhadap lingkungan hidup.

      “Harapan saya untuk Jumat bersih yang akan datang semoga bisa selalu terlaksana agar dapat memberikan dampak yang baik bagi lingkungan sekolah,” ujarnya. *(Anisa Nur Fayumi/Fase F XI-3, Arvita Aprilyani/ Fase F XI-3, dan Calista Larasati/ Fase F XII-4)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment