Semarak Karnaval Budaya HUT RI 78

By Admin 27 Agu 2023, 12:17:39 WIB Seni & Budaya
Semarak Karnaval Budaya HUT RI 78

Gambar : MERIAH- Penampilan tim karnaval budaya SMAN 1 Pracimantoro pada Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 sangat meriah sehingga terpilih menjadi penyaji terbaik.


Semarak Karnaval Budaya HUT RI 78

Smansa Prama Langganan Juara

 

SMANSA PRAMA- Seluruh civitas SMA Negeri 1 Pracimantoro (Smansa Prama) totalitas dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78, termasuk dalam karnaval budaya, Ahad (20/8/2023). Semua siswa, guru, dan karyawan sekolah dikerahkan dalam pawai tersebut, alhasil tim Smansa Prama berhasil menjadi juara I tingkat Kecamatan Pracimantoro.

Tidak kurang 750 siswa, 60 guru dan karyawan tampil dalam atraksi budaya menyisir jalan kecamatan dan finish di panggung kehormatan depan kantor Kecamatan Pracimantoro. Karnaval kali ini mengambil tema besar “BERSATU DALAM PERBEDAAN, BERBEDA DALAM PERSATUAN.”

Pada even karnaval, tahun ini tim Smansa Prama tampil sangat meriah. Di barisan terdepan ada pasukan bendera 78, disusul pasukan organisasi sekolah (Osis, Pramuka, dan Rohis). Kemudian kelompok ekstrakurikuler Smansa Prama, barisan guru dan tenaga kependidikan, Pasukan recycle daur ulang limbah, pasukan pariwisata, Tarian Rowa-Rawe, maskot sapi, dan pasukan trethek kenthongan.

Display tari dengan judul “Sayuk” yang dibawakan anak-anak komunitas ekskul tari tampil memukau di depan panggung kehormatan Camat Pracimantoro, Warsito, SIP, MM dan jajaran muspika. Tari “Sayuk” yang menggambarkan anak-anak desa yang membantu orang tuanya di sawah, berteriak, berlarian kesana kemari, menghalau burung-burung yang memakan padi dengan rasa suka cita.

Anak-anak bertalenta luar biasa tersebut adalah Monawati Rahayu Bakti, Nisa Aryanti, Maiva Wulandari, Ristu Kartikasari, dan Arum Astiananta. Salah satu personilnya, Monawati Rahayu Bakti sebelumnya menyabet juara I Tari Kreasi dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kabupaten Wonogiri.

Kepala SMA Negeri 1 Pracimantoro, Sri Paminto, SS, M.Pd yang turut dalam pawai budaya menyambut baik semangat dan kreatifitas peserta didik dalam mengikuti karvanal budaya. Melalui bimbingan bapak-ibu guru dan tenaga kepegawaian, seluruh siswa semangat dan mampu membuat karya seni yang estetis ikut ditontonkan kepada masyarakat.

“Semangatnya warga sekolah luar biasa. Semoga dapat mendorong nilai-nilai kebangsaan dan Nasionalisme kepada anak-anak muda. Di samping itu, kegiatan ini bisa menjadi inspirasi mereka dalam mengembangkan minat dan bakatnya,’’ jelas kepala sekolah. *(tim website)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment