Siswa Berprestasi Lolos SNBP dan Jalur Undangan

By Admin 08 Apr 2024, 05:30:11 WIB SISWA BERPRESTASI
Siswa Berprestasi Lolos SNBP dan Jalur Undangan

Gambar : LOLOS SNBP – Tiga siswa SMAN 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri berhasil lolos dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2024 melalui jalur undangan (SNBP). Dari kiri ke kanan adalah Hasna Nurhidayati (Undip), Cahya Adhuha Sacipta (UNS) dan Heppy Meylani Putri (UIN Walisanga Semarang). *(Foto: Smansaprama Media)


SMANSAPRAMA MEDIA- Pada Selasa (26/03/2024) merupakan hari yang dinanti-nantikan oleh siswa-siswi kelas XII, tidak terkecuali pelajar SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri (Smansaprama). Pada pengumuman SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi) yang disampaikan Kemendikbud Ristek, tiga pelajar Smansaprama lolos melalui jalur tersebut.

      Ketiga siswa yang diterima melalui jalur SNBP 2024 yaitu Heppy Meylani Saputri (XII MIPA-1) jurusan Ilmu Politik UIN Walisongo Semarang. Kemudian, Hasna Nurhidayati (XII MIPA-2) diterima di Matematika Undip, dan Cahya Adhuha Sacipta (XII MIPA-3) Jurusan Agribisnis (D3) UNS Surakarta.

      Di samping itu, dua siswa Smansaprama juga diterima melalui jalur undangan  PMDP (Penelusuran Minat dan Prestasi) di Poltekes Negeri Surakarta. Keduanya adalah Annisa Nur Indriyati (XII  IPA-3) dan Sandra Dewi Nuraini (XII IPA-3) yang semuanya diterima di jurusan Kebidanan.

      Sementara, dua siswa lain juga diterima di jalur undangan perguruan tinggi (PT) di bawah Kementrian Agama RI, Universitas Islam Negeri UIN) Raden Mas Said Surakarta. Keduanya adalah Isna Prastika Wijasari (XII IPS-1) jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Muhammad Zidan Al Fath (XII IPS-1) di jurusan Hukum Keluarga Islam.

      Kepala SMA Negeri 1 Pracimantoro, Sri Paminto, SS, MPd menyampaikan rasa bangganya dengan prestasi yang diraih anak didiknya pada SNBP dan jalur undangan lain tahun 2024. Ia menyampaikan harapan dan motivasi bagi siswa yang belum lolos SNBP dan jalur undangan untuk menyiapkan diri pada tes SNBT (UTBK) agar bisa lolos masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sesuai dengan pilihannya.

      “Perasaan saya tentunya bangga dan senang mendengar kabar baik ini, meskipun tahun ini kita masih terbatas siswa yang diterima di SNBP dan jalur undangan. Prestasi ini harus disyukuri dan menjadi semangat bersama,’’ kata kepala sekolah.

      Ia berharap siswa yang belum lolos SNBP tetap semangat dan bertekad untuk sukses kuliah, tahun ini. Nantinya masih ada kesempatan lolos seleksi PTN melalui jalur tes ataupun jalur mandiri.

      Menurutnya keberhasilan dan semangat ini diharapkan juga berimplikasi pada adik-adiknya, siswa kelas Fase E-X dan Fase F-XI tetap memiliki semangat belajar yang tinggi setelah lulus SMA.

      Sementara, Siti Marprihati, S.Psi selaku guru BK (Bimbingan Konseling) menuturkan, bahwa jalur SNBP ini merupakan kesempatan sekali seumur hidup yang harus dimanfaatkan sebaik baiknya oleh siswa kelas XII. Pihak  sekolah (utamanya BK) mendorong siswa-siswa nominasi (eligible) untuk menggunakan haknya sebaik-baiknya.

          “Jalur SNBP merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri bebas tes, seleksi menggunakan prestasi akademik (nilai rapor) maupun non akademik (kejuaran lomba) dengan syarat termasuk 40 % terbaik paralel,’’ jelasnya.

      Siswa yang masuk pemeringkatan tersebut disebut eligible, dan berhak mengikuti seleksi SNBP. Sekolah mendorong siswa-siswa eligible menggunakan haknya sebaik-baiknya. Banyak sedikitnya siswa yang diterima di jalur SNBP akan memengaruhi indeks prestasi sekolah (nilai mutu sekolah).

          Salah satu siswa yang lolos SNBP 2024, Hasna Nurhidayati (XII MIPA-2) menyatakan bahwa dirinya tidak menyangka bisa lolos SNBP 2024. Pada awalnya ia merasa tidak percaya diri bisa lolos SNBP.

          “Motivasi saya mendaftar SNBP itu karena ingin masuk perguruan tinggi impian. Ga percaya banget bisa lolos SNBP padahal udah pasrah mau lolos apa ngga, tapi alhamdulillah ini menjadi sebuah kejutan bagi saya untuk memulai perjuangan yang sesungguhnya,” ujarnya. *Salwa Farah Salsabila (Fase E X-7)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment