Sosialisasi PPDB Smansaprama Undang Minat Pelajar SMP

By Admin 12 Jun 2024, 14:05:35 WIB KEGIATAN SEKOLAH
Sosialisasi PPDB Smansaprama Undang Minat Pelajar SMP

Gambar : BERI MOTIVASI – Kepala SMA Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Sri Paminto, SS, MPd memberikan motivasi kepada para peserta sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024. Kegiatan itu mendapat sambutan serius dari Calon Peserta Didik (CPD) sejumlah SMP negeri/ swasta di sekitarnya. *(Foto: Sie dok Smansaprama Media).


SMANSAPRAMA MEDIA- Selama dua hari, Kamis - Jumat (6-7/6/2024) SMA Negeri 1 Pracimantoro (Smansaprama), Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 bagi para calon peserta didik (CPD). Kegiatan ini dilaksanakan di gedung A lantai 3 Smansaprama yang diikuti para pelajar SMP negeri/ swasta di Kecamatan Pracimantoro dan sekitarnya.

Sosialisasi PPDB ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut perintah Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Tengah Nomor 12 Tahun 2024 tentang PPDB. Kegiatan ini untuk memberikan panduan kepada CPD mengenai alur PPDB tahun 2024 agar dapat dipahami dengan baik.

Ketua Panitia PPDB tahun 2024 SMA Negeri 1 Pracimantoro, Wahyu Widayat, SPd menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini mengundang minat banyak pelajar SMP yang akan mendaftar sekolahnya. Selama dua hari pesertanya mencapai 336 siswa.

Kegiatan hari pertama diselenggarakan dalam dua sei. Sesi 1 dimulai pukul 08.00-10.00 WIB dan diikuti oleh CPD dari SMPN 1 Pracimantoro, SMPN 3 Pracimantoro, SMP Gajah Mungkur 11 Pracimantoro, SMP PGRI 15 Pracimantoro, dan MTs Sudirman Pracimantoro. Kemudian, sesi ke-2 mulai pukul 10.30-12.30 WIB yang diikuti oleh CPD dari SMPN 1 Giritontro, SMPN 2 Giritontro, SMPN 1 Paranggupito, SMPN 2 Paranggupito, SMP N 1 Eromoko, dan SMP Muhammadiyah 7 Eromoko.

“Pada hari kedua hanya dijadwalkan satu sesi. Alhamdulillah animonya banyak. Padahal kuota pendaftaran kami tahun ini hanya 252 untuk tujuh rombel,’’ tambah Wahyu Widayat.

Sementara, pada hari kedua sosialisasi menghadirkan CPD dari SMPN 2 Pracimantoro, SMPN 4 Pracimantoro, SMPN 2 Eromoko, dan SMP Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Pracimantoro.

Kepala Sekolah, Sri Paminto, SS, MPd mengatakan, sosialisasi dimanfaatkan para CPD untuk memahami mengenai alur dan tahapan PPDB tahun 2024. Pada kesempatan tersebut CPD juga diberikan kesempatan untuk mencoba aktivasi akun melalui situs jateng.demo.siap-ppdb.

“Kami bersyukur kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para CPD, khususnya para siswa yang berasal dari zonasi di sekitar Smansaprama. Mereka bisa menyiapkan diri dengan baik sebelum tahapan pendaftaran diikuti,’’ terang kepala sekolah.

Dalam sambutannya membuka kegiatan tersebut, kepala sekolah juga berpesan pada CPD agar menjadi generasi yang serius dan yakin dalam menatap masa depan. Menurutnya pelajar harus rajin belajar, patuh pada restu kedua orang tua, dan tidak mudah terpengaruh dengan lingkungan pergaulan yang tidak baik.

Salah satu CPD, Rizal mengatakan bahwa melalui kegiatan ini pihaknya menjadi lebih paham bagaimana alur PPDB. Ia berencana untuk melanjutkan studi di SMAN 1 Pracimantoro. Hal yang memotivasinya untuk memilih belajar di SMAN 1 Pracimantoro yaitu untuk mengembangkan minat jurnalistiknya yang sudah mulai terasah di jenjang SMP.

“Tentunya dari sosialisi ini saya mendapatkan pengarahan mengenai pengajuan akun, jalur- jalur pendaftaran, dan hal-hal lain yang terkait dengan PPDB,’’ ujarnya.

Sementara itu, Ayu, selaku salah satu perwalian CPD yang mendampingi kegiatan Sosialisasi PPDB ini juga mengharapkan anaknya bisa meneruskan sekolah di SMAN 1 Pracimantoro. Pertimbangannya, selain yakin dengan kualitas pembelajaran di Smansaprama, sekolah ini juga dekat dengan rumahnya.

“Saya berharap anak saya bisa bersekolah di Smansaprama. Semoga nantinya anak saya nggak minder lagi, berprestasi, dan bergaul sama yang lain,”  harap ibu tersebut. *(Salwa Farah Salsabila/Fase-E X-7 dan Callista Larasati/Fase-F XI-4).




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment