Ukur Capaian Belajar, Siswa Ujian Online dan Offline

By Admin 14 Des 2023, 07:33:11 WIB KEGIATAN SEKOLAH
Ukur Capaian Belajar, Siswa Ujian Online dan Offline

Gambar : SERIUS- Peserta didik SMA Negeri 1 Pracimantoro tampak serius mengerjakan soal Asas Semester Gasal Tahun Pelajaran 2023/2024. *Foto: Smansa Prama Media


SMANSAPRAMA - Seluruh siswa SMA Negeri 1 Pracimantoro mengikuti Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS)  Gasal Tahun Pelajaran 2023/2024 mulai Senin, (27/11/2023) sampai Rabu, (6/12/2023). Ujian kali ini dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi gabungan online dan offline. 

Untuk soal pilihan ganda (pilgan) menggunakan aplikasi Exambro yaitu aplikasi ujian online menggunakan password dan username yang  disediakan sekolah. Sementara soal uraian menggunakan kertas yang disediakan panitia.

 

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pracimantoro, Sri Paminto, S.S, M.Pd didampingi Waka Kurikulum, Dian Rohmawati, M.Pd menjelaskan, tujuan dari asesmen sumatif ini adalah untuk mengetahui capai belajar siswa terhadap suatu materi yang telah dipelajari. Selain itu juga sebagai proses evaluasi proses pembelajaran selama satu semester.

“Dengan aplikasi online diharapkan peserta didik dapat mengikuti ujian secara mandiri, disiplin, jujur, dan mempersiapkan diri dengan baik,’’ terang waka kurikulum.

Disebutkan, usai mengikuti Asas, siswa diberikan kesempatan beberapa hari untuk mengikuti ujian susulan bagi yang belum ujian dan remedial bagi yang nilainya masih kurang. Selanjutnya pada Jumat (15/12/2023) diberikan laporan hasil belajar (LHB) peserta didik langsung diambil orang tua atau wali siswa.

Sementara, Hasna Mukti siswi kelas XI mengaku sudah familier dengan aplikasi online yang sudah dipakai pihak sekolah. Sekolah mengecek kesiapan siswa terkait dengan fasilitas gawai yang digunakan untuk ujian.

Bagi siswa yang bermasalah dengan HP-nya difasilitasi mengerjakan soal di laboratorium komputer. “Setiap siswa mengerjakan soal dengan aplikasi dan lembar kerta untuk soal uraian,’’ imbuhnya. *Diah Fani, Deswinta Falin, Azizia/ xi




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment